Ternyata memang ada motor yang berbahan bakar solar, yatu kawasaki M
1030. Motor ini dikembangkan dari basis Kawasaki KLR 650. Motor ini
mulai dipakai pada pertengahan tahun 2000 oleh militer Amerika, kenapa
mereka minta diesel? Ini berhubungan dengan kepraktisan logistik
bahan bakar di lapangan, dimana kebanyakan mesin mereka menggunakan
diesel, otomatis pada minum solar. Nah, kalau motornya pun diesel kan tinggal bawa satu jenis bahan bakar solar bisa diminum tank, panser, jeep, truck sampi motor.
Dan ini screenshot motor Kawasaki Diesel yang saya ambil dari harian
The New York Times
Kawasaki M1030 M1 menggunakan sasis dan transmisi dari KLR650 yang
kemudian dipasangkan dengan mesin diesel HDT 4 langkah , 1 Silnder 611cc
berpendingin air dan menghasilkan tenaga maksimal 30 Hp @5700rpm. Berat
motor ini mencapai 166 kg. Bisa berakselerasi dari 0 – 100km/h dalam 9.7 detik dan top speed
mencapai 150km/h. Motor ini benar – benar
mewarisi karakter diesel yang irit BBM, bayangkan untuk
menempuh jarak 100 km hanya butuh 2.5 liter solar.
Dan pada tahun 2010 lalu dikeluarkan lagi kawasaki diesel generasi ke dua
dengan kode M1030 M2. Selain tenaga naik menjadi 33 hp, keistimewaan
motor ini adalah gak cuma bisa minum solar tapi bisa juga minum
bensin, biodiesel bahkan avtur.
SPESIFIKASI M1030M1 JP8/Diesel Military Motorcycle
Engine:
Type: Four-stroke, indirect-injection, single-cylinder, liquid-cooled
Displacement: 611 cc
Power: 30 hp at 5,700 rpm
Torque: 33 lb-ft at 4,200 rpm
Lubrication: Wet sump, compatible with MIL-L-2104 lubricant
Air Filtration: High-capacity, three-stage, oiled foam, reusable
Transmission: Five-speed, constant mesh, return shift
Final Drive: Self-lubricated, sealed, O-ring roller chain
Weights & measurements:
Dry Weight: 369 lb
Max. Width: 35.75 in
Max. Length: 85 in
Wheelbase: 57 in
Ground Clearance: 10.7 in