Jauh sebelum Volvo dikenal sebagai
merek dengan fitur keamanan canggih, produsen asal Swedia ini punya
mobil sport yang disebut Volvo Sport. Diluncurkan pada 2 Juni 1954, roadster 2-penumpang ini merupakan mobil sport pertama perusahaan.
Tercetus dari ide pendiri Volvo, Assar Gabrielsson, ketika
mengunjungi Amerika Serikat (AS) pada 1950-an. Tujuannya untuk
mempelajari pasar sebelum meluncurkan produk di sana. Ia mempelajari,
ada ketertarikan kuat orang-orang AS dengan mobil sport Eropa berukuran
kompak. Dengan dasar pemikiran itu, Volvo harus punya barang tersebut.
Dibantu perusahaan spesialis bodi
fiberglass asal
California, Glasspar, yang membuat versi prototipe, proyek Volvo Sport
mulai dikerjakan pada 1954. Menampilkan tubuh pendek dan gemuk dengan
gril besar. Jarak sumbu roda 2000 mm. Dibekali mesin 1.4 liter 70 PS
dengan 2 karburator. Kecepatan tertinggi 155 kpj dengan sistem transmisi
3-percepatan.
Pensiun dini
Saat peluncuran, Volvo mengatakan
akan membuat 300 unit, semuanya buat ekspor. Pada 1956, unit pertama
dikirim ke konsumen di berbagai negara, yakni Afrika Selatan, Brazil,
Moroko, dan AS. Volvo Sport juga akhirnya dipasarkan di Swedia setelah
meninjau kembali kebijakan eksklusif pemasaran luar negeri.
Pada awal tahun produksi, hanya ada 44 unit. Kemudian setahun
setelahnya 23 unit keluar dari jalur produksi pada 1957. Karir Volvo
Sport habis di tahun itu ketika direktur perusahaan baru, Gunnar
Engellau, memutuskan mobil itu mesti “pensiun dini”, sebab bawah standar
dan tidak menghasilkan keuntungan. Hingga kini, masih terdapat 50 unit
yang tetap eksis.
Namun mobil sport Volvo tidak berakhir sampai di situ. Selepas
discontinue, Volvo membuat sang legenda, mobil sport P1800.