Honda TN Dalam Catatan Sejarah

Ketika penulis keliling museum otomotif SAC Kutoarjo, tanpa sengaja melihat mobil Honda pikap bermesin 2-tak. Posisi mesin juga unik yakni ada di belakang. Tidak salah lagi, mobil tersebut adalah Honda TN 7. Sedikit berbicara sejarah, generasi Honda TN dibuat sejak tahun 1967 dengan nama TN 360, masih dengan single lamp. Januari 1970 ganti nama dengan TN III, lalu Agustus 1973 muncul lagi dengan nama TN V, baru yang terakhir Agustus 1975 menjadi TN-7. Honda TN itu usianya sebaya dengan Daihatsu Unyil (S36) dan juga sama sama pernah dipakai buat angkot. Kalau dilihat serinya yang pakai nomor 360, berarti kapasitas mesinnya sama dengan Si Unyil alias 360 cc (Kapasitas pas mesinnya 354 cc). Namun yang beredar di Indonesia dulu kebanyakan Honda TN-7 yang lampunya dobel tumpang tindih kayak foto penulis ini.



Dan ini mesin Honda TN


Yang menarik menurut admin adalah angka 360 ini. Selain Honda TN 360, Daihatsu S36 dan yang lebih seru lagi, Mazda ternyata juga pernah ikut-ikutan bermain di segmen pick-up mikro dengan Mazda Porter Cab atau Mazda E360 buatan tahun 1969. Lagi-lagi dengan seri angka 360, dan kapasitas mesinnya juga nggak beda jauh (359 cc). Baru pada tahun 1977, spesies ini mesinnya bertambah besar menjadi 546 cc setara dengan Suzuki Truntung ST20.

Post a Comment for "Honda TN Dalam Catatan Sejarah"