MPV Carnesia (Car of Indonesia), mobil Nasional Buatan Perkasa
Carnesia adalah nama kendaraan keluarga berjenis MPV buatan PT. Texmaco
yang dilaunching tahun 2002, yang mana mobil ini bisa dikatakan
menantang langsung sang mobil keluarga legendaris yaitu Toyota Kijang.
Berbeda dengan truk Perkasa yang bisa dicari gambarnya dengan mudah di
Google, beruntung penulis punya rekan Wahyu GSS dari Semarang yang pernah motret mobil ini.
Texmaco Kenalkan Mobil Keluarga "Carnesia"Jakarta, 20 Juli 2002
14:47TEXMACO, perusahaan tekstil milik keluarga Manimaren, melalui anak
perusahaannya PT Wahana Auto Jaya Perkasa (WAJP) memperkenalkan
prototipe mobil keluarga "CARNESIA" (Car of Indonesia) di Jakarta Motor
Show 2002. "Kami optimis kendaraan ini akan mampu bersaing di pasar
karena 85 persen komponennya diproduksi di dalam negeri. Setelah uji
coba selama 1,5 tahun terakhir, kami menghasilkan tiga prototipe," kata
GM WAJP, Ripponduwi, di sela pembukaan Jakarta Motor Show 2002 yang
dibuka Wapres Hamzah Haz di Jakarta, Sabtu.
Perusahaan itu memperkenalkan prototipenya di Jakarta Motor Show 2002 untuk mendapat masukan dari pasar sebelum diproduksi secara massal untuk agar tidak mengulangi kesalahan PT Indomobil yang langsung meluncurkan Mazda MR dan kemudian jeblok di pasar.
Dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi, katanya, Texmaco optimis akan mampu menekan harga jual produknya di bawah mobil pesaing, seperti Toyota Kijang, untuk dapat merebut pasar dalam negeri yang sudah dibanjiri berbagai merek.
Meski dengan harga jual lebih murah, Ripponduwi menjamin kenyamanan dan keamanan mobil produksi dalam negeri ini. Apalagi, penjualan mobil bertempat duduk tujuh kursi itu juga didukung dengan persiapan purna jual dan dukungan suku cadang yang memadai di pasar, katanya.
Dukungan suku cadang ini dapat dipercaya karena sebagian besar komponen "CARNESIA" sudah diproduksi di dalam negeri dengan harga yang sangat bersaing.
Ripponduwi, yang mengaku pihaknya meramu berbagai model di pasar untuk menghasilkan disain mobil baru, menyatakan, prototipe mobil ini merupakan perpaduan KIA Carens dan Opel Blazer dan interior seperti Toyota Kijang.
"Keaslian produk dalam negeri dalam yang coba ditumbuhkan dalam prototipe mobil ini dimaksudkan untuk menciptakan pasar baru," katanya.
Sayang, krisis ekonomi dan penanganan pemerintah yang keliru terhadap perusahaan nasional waktu itu membuat Carnesia tidak bisa diroduksi oleh Perkasa.
MPV Carnesia (Car Of Indonesia) Buatan Perkasa. Foto: Wahyu GSS |
Perusahaan itu memperkenalkan prototipenya di Jakarta Motor Show 2002 untuk mendapat masukan dari pasar sebelum diproduksi secara massal untuk agar tidak mengulangi kesalahan PT Indomobil yang langsung meluncurkan Mazda MR dan kemudian jeblok di pasar.
Dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi, katanya, Texmaco optimis akan mampu menekan harga jual produknya di bawah mobil pesaing, seperti Toyota Kijang, untuk dapat merebut pasar dalam negeri yang sudah dibanjiri berbagai merek.
Meski dengan harga jual lebih murah, Ripponduwi menjamin kenyamanan dan keamanan mobil produksi dalam negeri ini. Apalagi, penjualan mobil bertempat duduk tujuh kursi itu juga didukung dengan persiapan purna jual dan dukungan suku cadang yang memadai di pasar, katanya.
Dukungan suku cadang ini dapat dipercaya karena sebagian besar komponen "CARNESIA" sudah diproduksi di dalam negeri dengan harga yang sangat bersaing.
Ripponduwi, yang mengaku pihaknya meramu berbagai model di pasar untuk menghasilkan disain mobil baru, menyatakan, prototipe mobil ini merupakan perpaduan KIA Carens dan Opel Blazer dan interior seperti Toyota Kijang.
"Keaslian produk dalam negeri dalam yang coba ditumbuhkan dalam prototipe mobil ini dimaksudkan untuk menciptakan pasar baru," katanya.
Sayang, krisis ekonomi dan penanganan pemerintah yang keliru terhadap perusahaan nasional waktu itu membuat Carnesia tidak bisa diroduksi oleh Perkasa.
Post a Comment for "MPV Carnesia (Car of Indonesia), mobil Nasional Buatan Perkasa"
Post a Comment