Carnesia adalah nama kendaraan keluarga berjenis MPV buatan PT. Texmaco
yang dilaunching tahun 2002, yang mana mobil ini bisa dikatakan
menantang langsung sang mobil keluarga legendaris yaitu Toyota Kijang.
Berbeda dengan truk Perkasa yang bisa dicari gambarnya dengan mudah di
Google, beruntung penulis punya rekan
Wahyu GSS dari Semarang yang pernah motret mobil ini.
|
MPV Carnesia (Car Of Indonesia) Buatan Perkasa. Foto: Wahyu GSS |
Texmaco Kenalkan Mobil Keluarga "Carnesia"Jakarta, 20 Juli 2002
14:47TEXMACO, perusahaan tekstil milik keluarga Manimaren, melalui anak
perusahaannya PT Wahana Auto Jaya Perkasa (WAJP) memperkenalkan
prototipe mobil keluarga "CARNESIA" (Car of Indonesia) di Jakarta Motor
Show 2002. "Kami optimis kendaraan ini akan mampu bersaing di pasar
karena 85 persen komponennya diproduksi di dalam negeri. Setelah uji
coba selama 1,5 tahun terakhir, kami menghasilkan tiga prototipe," kata
GM WAJP, Ripponduwi, di sela pembukaan Jakarta Motor Show 2002 yang
dibuka Wapres Hamzah Haz di Jakarta, Sabtu.
Perusahaan itu memperkenalkan prototipenya di Jakarta Motor Show
2002 untuk mendapat masukan dari pasar sebelum diproduksi secara massal
untuk agar tidak mengulangi kesalahan PT Indomobil yang langsung
meluncurkan Mazda MR dan kemudian jeblok di pasar.
Dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi, katanya, Texmaco optimis
akan mampu menekan harga jual produknya di bawah mobil pesaing, seperti
Toyota Kijang, untuk dapat merebut pasar dalam negeri yang sudah
dibanjiri berbagai merek.
Meski dengan harga jual lebih murah, Ripponduwi menjamin kenyamanan
dan keamanan mobil produksi dalam negeri ini. Apalagi, penjualan mobil
bertempat duduk tujuh kursi itu juga didukung dengan persiapan purna
jual dan dukungan suku cadang yang memadai di pasar, katanya.
Dukungan suku cadang ini dapat dipercaya karena sebagian besar
komponen "CARNESIA" sudah diproduksi di dalam negeri dengan harga yang
sangat bersaing.
Ripponduwi, yang mengaku pihaknya meramu berbagai model di pasar
untuk menghasilkan disain mobil baru, menyatakan, prototipe mobil ini
merupakan perpaduan KIA Carens dan Opel Blazer dan interior seperti
Toyota Kijang.
"Keaslian produk dalam negeri dalam yang coba ditumbuhkan dalam
prototipe mobil ini dimaksudkan untuk menciptakan pasar baru," katanya.
Sayang, krisis ekonomi dan penanganan pemerintah yang keliru terhadap
perusahaan nasional waktu itu membuat Carnesia tidak bisa diroduksi oleh Perkasa.